Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL (bab 2)

Posted on Updated on

Memulai Cita-Cita Bukan Modal

 Kecil adalah modal untuk menjadi besar. Kalah adalah modal untuk menjadi menang. Gagal adalah modal untuk menjadi sukses. 

Sering kali orang tidak percaya bahwa usaha atau bisnis bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan modal dalam bentuk uang tunai. Contoh nyatanya adalah Anang Sam adalah pemilik kursus privat bahasa Inggris yang sudah memiliki 11 guru privat (Oktober 2005), nama lembaga kursusnya adalah Anang Sam English. Modal yang dikeluarkan oleh Anang Sam hanya Rp. 70.000,00 untuk memasang iklan baris di sebuah tabloid wanita.

Setiap usaha atau bisnis yang didirikan pasti akan muncul masalah, masalah pasti akan timbul tetapi hal ini tinggal terserah yang punya usaha atau bisnis, mau cari solusinya atau tidak. Solusi bisa dicari melalui dengan cara mengikuti training wirausaha, bertemu dengan orang-orang yang telah sukses ber-wirausaha atau bertanya jawab dengan orang yang ahli dalam ber-wirausaha. 

Kewirausahaan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk terus melangkah dengan modal seadanya. Wirausahawan bisa menggali modal dari pihak lain secara langsung maupun tidak langsung.  Jiwa kewirausahaan adalah jiwa yang mampu menciptakan nilai tambah dari keterbatasan. Hakekatnya modal tidak harus dalam bentuk uang. Otak Anda yang kreatif adalah modal utama untuk memulai usaha. Jaringan persahabatan (network) juga termasuk modal. Bodoh adalah modal untuk bisa pandai, miskin adalah modal untuk menjadi kaya. Tak punya modal adalah modal untuk mendapatkan modal. 

Modal pertama untuk usaha atau bisnis adalah cita-cita untuk memulai usaha atau bisnis. Philip E Humbert mengatakan, cita-cita adalah soal sederhana tetapi sebagian besar penduduk bumi ini paling malas memastikan cita-citanya. Bahkan, para lulusan perguruan tinggi terbaik pun sebagian besar belum tahu ke mana arah perjalanan hidup mereka selanjutnya.  

Seberapa pentingkah cita-cita bagi bisnis kita ? Jika kita hendak mengetahui masa lalu, lihatlah kondisi kita hari ini. Dan, jika kita ingin mengetahui masa depan kita, lihatlah tindakan kita hari ini. 

Pada umumnya para pengusaha sukses di masa lalunya telah melakukan hal-hal yang benar, yaitu mempunya cita-cita. Impian akan masa depannya. Telah mereka pikirkan apa yang sebenarnya harus mereka raih dan apa yang harus mereka kejar hari ini guna mendapatkan kesuksesan di masa depan. Semuanya telah mereka cita-citakan dan dengan sekuat tenaga mereka berusaha untuk meraihnya.

Cita-cita sangat penting dalam hal apa pun, termasuk dalam bisnis. Sebab, cita-cita akan mengarahkan kelak ke mana bisnis kita dan cita-cita akan mengarahkan kelak akan menjadi apa bisnis kita. Cita-cita ibarat garis lurus yang akan menjadi panduan. Jika memiliki cita-cita akan memudahkan langkah usaha menuju arah finish atau target. Kita akan mengetahui dan merasakan apabila usaha tidak ada kemajuan.Untuk itu milikilah cita-cita yang kuat untuk membuat usaha maju. Anda bisa menjadi bagian dari mereka yang sukses dengan mulai merumuskan cita-cita Anda 5, 10, atau 20 tahun yang akan datang.  Tetapi setelah memiliki cita-cita maka jangan jadikan cita-cita hanya sebagai mimpi tanpa pernah melakukan tindakan nyata untuk meraih cita-cita. Nasehat yang bagus dari orang tua kita yang terdahulu adalah “jangan suka bermimpi”. Maksud nasehat itu adalah jangan hanya berangan-angan kosong karena Anda tidak akan meraih cita-cita tanpa ada tindakan nyata.

Ingatlah, langkah pertama untuk mewujudkan cita-cita membutuhkan konsentrasi, kesabaran, pengalaman yang berulang-ulang.Kerap kali, hambatan itu datang dari orang-orang terdekat kita. Bisa istri atau suami, tetangga, teman, dan sanak famili. Philip E Humbert mengatakan, orang-orang yang sukses meraih cita-cita adalah mereka yang sangat pandai mengatasi gangguan seperti cemoohan, ejekan dan sebagainya.Dalam melakukan suatu tindakan untuk meraih cita-cita kita harus memiliki keyakinan penuh dalam diri karena keyakinan akan menghasilkan tindakan sempurna. Keyakinan pada sesuatu akan membuat sesuatu itu benar-benar terjadi. Jika kita yakin dengan seyakin-yakinnya, kita dapat meraih cita-cita dan niscaya akan meraihnya. Jika kita sendiri saja tidak yakin pada diri sendiri, apakah mungkin orang lain akan yakin pada diri kita.  

Dalam memulai usaha atau bisnis tidaklah serumit yang dibayangkan banyak orang. Banyak orang ingin selalu sempurna sehingga mempersiapkan sesuatu secara berlebihan. Padahal, banyak orang yang memulai usaha dengan sengat sederhana. Banyak orang memulai dengan persiapan yang sangat matang, tapi justru di tengah jalan tak punya napas panjang dan akhirnya tutup. Terus bagaimana membuat orang bisa tegas memutuskan untuk memulai usaha, salah satunya karena kepepet (terdesak). Dari keadaan kepepet (terdesak) maka membuat kita harus terus berusaha untuk sukses. 

Mentalitas entrepreneur atau wirausaha harus dimiliki. Mentalitas akan membuat lebih cerdas dalam mengelola kekayaan. Jika Anda seorang karyawan, mentalitas entrepreneur akan membuat Anda pandai mengelola gaji menjadi penghasilan masa depan. Ada dua ciri orang yang memiliki mentalitas entrepreneur sebagai berikut:

1.  Jika mengeluarkan uang, sebagian uang yang keluar bisa kembali. Ini artinya, seorang yang bermental entrepreneur selalu menyisihkan sebagian penghasilannya untuk investasi dalam bentuk usaha.

2.  Jika mengerjakan sesuatu, segera mencari penggantinya. Seorang bermental entrepreneur selalu berusaha secepatnya bisa mendelegasikan pekerjaan ke orang lain. 

Selain itu yang harus diperhatikan adalah banyak kawan memuluskan jalan untuk usaha atau bisnis.  Bergaullah dengan entrepreneur sukses, maka kita bisa menjadikan mereka tempat bertanya bagi masalah-masalah yang dihadapi. Karena selain mendapatkan keuntungan pengetahuan praktis mengenai bisnis, kita bisa mendapatkan peluang mendapatkan modal sangat besar. Seandaianya modal tidak bisa diperoleh, maka Anda berpeluang besar untuk bekerja sama dengan pengusaha sukses pada saat mengawali usaha atau mau mengembangkan usaha. Singkatnya, modal ada di mana-mana. Sebagian besar ada di komunitas Anda, untuk itu bergaullah dengan komunitas wirausaha.

25 thoughts on “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL (bab 2)

    syahrul said:
    May 7, 2008 at 1:16 pm

    Good Articles and Blog… Ini Mr Robby dr Bogor ? (SMP 4 or SMA 1 Bogor ?

    Thanks.

    Syahrul Komara-Medan

    syahrul said:
    May 7, 2008 at 1:19 pm

    i’m Syahrul from Bogor, Now I Live in Medan

    Best Regards,

    081973144639

    robby responded:
    May 7, 2008 at 3:09 pm

    makasih atas kunjungannya.
    lg baca buku cara jitu memulai bisnis terus di sharing deh di blog.
    saya dulunya si SMPN 4 dan SMAN 4 Bogor.
    dalam rangka apa pindah ke Medan nih ?

    thanks
    salam,
    Robby
    email. robby.novricanus@gmail.com

    abiehakim said:
    May 9, 2008 at 9:29 pm

    Wah sangat termotivasi nih saya jadinya…makasih

    robby responded:
    May 10, 2008 at 12:46 pm

    Alhamdulillah Pak kalo makin ter-motivasi utk bisnis.
    selamat yah pak.

    bambang suharno said:
    May 27, 2008 at 1:01 pm

    salam kenal dari saya, penulis buku langkah jitu memulai bisnis dari nol.
    Akan segera terbit buku lanjutannya: panduan lengkap mengelola dan mengembangkan Bisnis dari Nol.

    robby responded:
    May 27, 2008 at 4:19 pm

    selamat pak atas buku yang baru.
    sekarang lg butuh banget motivasi dan bimbingan untuk segera memulai bisnis pak.
    mohon bimbingannya.

    Mia said:
    June 22, 2008 at 11:12 am

    slm kenal dr sy. Thakz bgt utk artikel nya. sy benar2 terinspirasi tuk jd seorang wirausaha. sy jg ingn 5 or 10 taon mndtg jd seorang wirausaha, krna itu artikel2 tntang wirausaha sngat bermanfaat buat saya.

    robby responded:
    June 23, 2008 at 3:04 pm

    terima kasih atas kunjungannya Mia dan salam kenal juga.

    ayo kita merintis menjadi wirausaha.
    kita bisa sharing tentang artikel-artikel wirausaha, ini email saya : robby.novricanus@gmail.com, YM : robby_novricanus atau abas_192000.

    terima kasih

    yuky said:
    September 5, 2008 at 9:44 am

    ternyata untuk menjadi orang sukses, tidak sesulit yang dipikirkan orang kebanyakan

    robbynovricanus responded:
    September 5, 2008 at 10:00 am

    @yuky, terima kasih atas kunjungannya.

    yang penting berani DO ACTION.

    terima kasih

    Ridwan said:
    September 13, 2008 at 12:56 am

    setuju banget “DO ACTION” dengan “KERJA CERDAS”, kerja kerasnya lagi dilakonin khan :>

    siraj said:
    September 13, 2008 at 2:12 am

    merupakan motivasi baru buatku, goor article.

    robbynovricanus responded:
    September 15, 2008 at 7:50 am

    @Ridwan terima kasih atas kunjungannya.
    kerja keras sekarang sedang dilakonin sekalian mencari peluang utk Do Action.

    terima kasih

    robbynovricanus responded:
    September 15, 2008 at 7:51 am

    @siraj terima kasih atas kunjungannya.

    semoga membuat kita melakukan Action untuk menjadi enterprenur yah

    terima kasih

    Nadia Dwi Scarnella said:
    October 15, 2008 at 11:40 pm

    wah…beruntung bisa baca artikel inijadi tambah semangat lagi, terima kasih atas ilmunya…

    semoga saya bisa diberi kesempatan untuk menimba ilmu dari penulis.

    salam kenal

    robbynovricanus responded:
    October 20, 2008 at 8:37 am

    @Nadia Dwi Scarnella, terima kasih atas kunjungannya.
    saya hanya baca buku dan mencoba share apa yang ada di buku tsb.
    supaya saya dan orang lain yang membaca menjadi bersemangat untuk ber-usaha mandiri.
    silakan kontak ke penulisnya langsung.

    terima kasih

    arief said:
    July 29, 2009 at 7:53 pm

    Thanks a lot.It can make me more brave in my idea,,,because this time i like you,…I want make English Course without much money,May be you can give me advise in order to you

    danu said:
    October 29, 2009 at 5:53 am

    sebetulnya kalau bisnis butuh komitmenga yah

      robbynovricanus responded:
      October 29, 2009 at 11:46 am

      terima kasih atas kunjungannya…
      bisnis itu butuh komitmen dan rasa ulet Pak

    muchfriend said:
    November 24, 2009 at 2:25 pm

    bukan mimpi dulu…

      robbynovricanus responded:
      May 19, 2010 at 8:24 am

      @muchfriend, terima kasih atas kunjungannya.
      untuk memulai bisnis akan lebih baik langsung praktek berbisnis dengan adanya perencanaan yg baik.

      terima kasih

    bambang suharno said:
    November 30, 2009 at 1:38 pm

    GRATIS HANYA UNTUK 100 ORANG! Seminar 7 Cara Tidak Gila Jadi pengusaha, sabtu 5 des 09, jam 11-15 di Catter box caffee , Cilandak Town square. pembicara: Bambang Suharno (direktur Indonesian Entrepreneur Society, owner warnet idolanet dan waroeng cici tegal, peraih ISMBEA award 2009), anang sam, adi kriswanto. hubungi 021.70228877.
    Tersedia makalah dengan harga hanya 25 ribu.

    adi said:
    October 28, 2010 at 3:42 am

    Saya tertarik dan termotivasi untuk bisnis. Saya benar2 tidak tahu langkah selanjutnya. Tolong shared ke saya bagaimana dapat meraih cita2 saya untuk bisnis sendiri. thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s