IPOMS GSB Bogor (Modul1)

Posted on Updated on

Pernah dengar IPOMS atau Indonesian Production and Operations Management Society.

IPOMS adalah komunitas non profit para profesional yang berorientasi pada Manajemen Produksi dan Operasi. Anggota komunitas terbatas hanya bagi orang Indonesia dengan bahasa pengantar utama, Bahasa Indonesia. Komunitas IPOMS bermula dari sekumpulan profesional yang sering berdikusi dengan topik manajemen produksi dan operasi di mailing list yahoogroups. Kemudian dibentuklah mailing list IPOMS dengan alamat apics-id[at]yahoogroups[.]com. Saat ini mailing list IPOMS telah berkembang dengan anggota lebih dari 8,000 orang (Januari 2007) dan terbagi menjadi beberapa sub mailing list. Anda dapat menjadi anggota IPOMS secara gratis, melalui mailing list IPOMS di apics-id[at]yahoogroups[.]com dan mendaftarkan diri anda di website ini. Kegiatan IPOMS yang sekarang berjalan adalah belajar bersama (group study), mini seminar dan lain-lain. tujuan dari IPOMS adalah memajukan SDM Indonesia.

Salah satu kegiatan yang sedang aktif adalah belajar bersama (group study) yang tersebar di beberapa kota, di kota bogor sendiri ada group study bogor atau disingkat menjadi GSB Bogor. kegiatan yang ada sekarang ini adalah belajar bersama untuk operation management yang mempunyai beberapa tujuan yaitu memperdalam pengetahuan untuk diterapkan di pekerjaan dan mengikuti ujian sertifikasi CPIM (Certified in Production and Inventory Management).sebelum mengikuti ujian sertifikasi CPIM harus bisa menguasai 5 modul yang akan diujikan meliputi :

1. Basic supply chain management (modul 1)

2. Master planning of resourcess (modul 2)

3. Detail schedulling and planning (modul 3)

4. Execution and control of operations (modul 4)

5. Strategic management of resourcess (modul 5)

GSB Bogor akan menyelenggarakan untuk modul 1 bertempat di STIE Triguna Bogor dengan durasi tanggal 05 Jan 2008, 12 Jan 2008 dan 19 Jan 2008. untuk kegiatan ini peminat peserta banyak sekali, sampai kita (koordinator GSB Bogor) kewalahan dalam menyediakan tempat, yang biasanya peserta sekitar 20 orang sekarang sudah melebihi 50 orang mungkin akan terus bertambah (terima kasih atas saran Pak Hariyanto Salim-IPOMS President), GSB Bogor sudah menyelenggarakan kegiatan ini untuk putaran kedua (1 putaran dengan 5 modul). tetapi untuk putaran pertama GSB tidak sampai ke modul 5 dan diganti dengan awal yang baru.

dan juga ada kabar baik dari kepengurusan IPOMS di mana ujian CPIM biasanya dilakukan di luar Indonesia, untuk tahun 2008 ujian tsb bisa dilakukan di Indonesia dengan periode bulan maret, juni dan desember, silakan lihat link ini http://www.apics.org/Certification/CPIM/International.html. atau bergabung dengan milis APICS-ID.

Pengirim email Pak Ahmad Syamil

Semoga kegiatan IPOMS melalui Group Study ini membuat SDM Indonesia semakin maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain. 

One thought on “IPOMS GSB Bogor (Modul1)

    Hariyanto Salim said:
    January 15, 2008 at 4:06 pm

    Dear Robby,

    What we achieve in Bogor is a team work achievement. I salute IPOMS Bogor to have such commitment to make things work. We in IPOMS-Central will support the activities in anyway we can.

    In the meanwhile, keep on writing, and be always active in IPOMS-Bogor.

    Sincerely,
    Ahau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s