pedagang yang jujur

Posted on

scale

 

Tanggal 03 April 2008, gw dapat pelajaran langsung tentang kejujuran dalam berdagang, di mana kejujuran hal ini gw baca sejarah kehidupan dari seorang manusia yang sempurna, Nabi Muhammad Saw.

ceritanya berawal ketika sore ini, gw membeli minuman larutan penyegar di warung pinggir jalan, warung pertama gw datangi ternyata minuman tidak ada kemudian berinisiatif pergi ke warung yang lain.

di sana ketemu dengan seorang bapak yang sedang melayani seorang ibu, karena tidak mau mengganggu mereka, gw berinisiatif mencari minuman tsb dan ternyata ketemu minuman tsb. dikarenakan ditunggu, akhirnya gw menyela bapak tsb untuk menanyakan harga minuman ini, bapak ini sebenarnya sedang memberi tahu harga-harga barang dagangan yang dia beli dari tempat lain ke ibu tsb, karena beliau tidak enak harga-harga dagangan pada naik.  

dikarenakan gw bertanya tentang harga, maka bapak ini menjawab minuman tsb harganya 3000, padahal yang saya tahu minuman itu sekitar 3500, kemudian saya menyakinkan apakah benar harga tsb, bapak ini menjawab dengan pasti bahwa itu harga 3000. akhirnya saya ambil 2 kaleng minuman tsb dan bapak tsb menerangkan bahwa minuman itu sebenarnya di tempat lain sudah harga 3300, cuman dikarenakan ga enak di bawah harga maka berinisiatif menyerahkan uang kelebihan tetapi bapak menolak dengan mengatakan bahwa minuman dia beli dari tempat lain bukan dengan harga 3300 tetapi di beli dengan harga di bawah itu, cuman dikarenakan ga enak tetap saja saya memaksa untuk membayar kelebihan toh saya tidak merasa rugi karena harga tsb masih di bawah rata-rata, cuman bapak itu tetap menolak dan mengatakan silakan di bawa aja. ah bahagianya jika semua pedagang berlaku seperti ini, di mana kejujuran dipegang teguh.

gw mengucapkan terima kasih atas proses perdagangan dengan bapak itu, karena diingatkan tentang kejujuran dalam berdagang seperti cara berdagang Nabi Muhammad Saw.

terima kasih pak, telah mengajarkan cara berdagang yang jujur dan tetap jujur pak, siapa tahu dengan ini bapak dapat memberikan pelajaran kepada yang lainnya.

2 thoughts on “pedagang yang jujur

    methadhamayanti said:
    April 4, 2008 at 8:20 am

    Bob…Tulisanmu bagus loh dengan bahasa yang membumi sehingga pembaca mudah sekali untuk memahami. Keep going terus ya dalam menulis. Krn inspirasi itu mudah didapat asalkan kita tanggap dengan sekitar kehidupan kita. Wish you all the best ya.

    robby responded:
    April 4, 2008 at 8:31 am

    terima kasih…
    berusaha untuk menulis dengan baik, blog ini ajang saya untuk berkreasi dalam tulisan.

    salam,
    Robby

    btw, cantumkan alamat blognya supaya bisa di trace dan saling bertukat link blognya

Leave a Reply

