Laskar Pelangi (Penghormatan Guru)

Posted on

laskar pelangi

sudah baca buku berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. buku tsb penuh dengan pelajaran, makna, kejadian yang nyata yang bisa diambil oleh pembacanya. saya sendiri belum tamat sih bacanya buku tsb cuman semakin lama dibaca semakin menarik dan bisa diterapkan pada kehidupan nyata, malah buku ini memang kejadian nyata yang kemudian ditulis dalam sebuah buku. Laskar Pelangi pertama kali dibaca penuh dengan kata-kata yang baru dan banyak istilah yang bisa menambah wawasan kita dalam mencari ilmu pengetahuan.

dari buku tsb ada satu pelajaran yang bisa diikuti mumpung masih dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, di mana ada panggilan yang hormat dan sayang antara murid dan guru. di mana murid di sekolah Muhammadiyah memanggil ibu guru dengan panggilan Ibunda Guru suatu panggilan hormat, respek dan kash sayang dari murid-muridnya. dan ibu guru (Ibu Mus) memanggil murid-murid dengan panggilan Ananda.

dan juga dalam kegiatan belajar mengajar sangat interaksi di mana Ibunda Guru selalu mengajak murid-muridnya untuk sama-sama mencari, mendalami ilmu dan untuk memotivasi murid-muridnya Ibunda Guru selalu membawakan suatu profile dari orang-orang yang telah sukses, seperti bagaimana seorang Soekarno membaca buku padahal beliau terpenjara di ruangan yang terpencil tetapi tidak menyurutkan beliau untuk mencari ilmu, hal ini yang diajarkan oleh Ibunda Guru jika ditanya kondisi sekolah Muhammadiyah yang mau roboh dan rusak.

sungguh indah jika dunia pendidikan Indonesia meniru dari Laskar Pelangi ini.

6 thoughts on “Laskar Pelangi (Penghormatan Guru)

    dyan said:
    July 31, 2008 at 1:59 pm

    kpn niy film_ny keluar???

    robbynovricanus responded:
    July 31, 2008 at 3:35 pm

    terima kasih atas kunjungannya.

    mudah-mudahan bisa secepatnya, kabar terakhir dulu pernah ada ketemuan antar pembaca Laskar Pelangi dan pemberitahuan tentang film Laskar Pelangi.
    dan juga tim pembuat film Laskar Pelangi memang sudah shooting dengan anak-anak dari kepulauan Belitong.

    terima kasih

    Cynthia &Amie said:
    August 9, 2008 at 12:22 pm

    Laskar pelangi bagus bgt. Kami jadi terharu dengan perjuangan 10 anggota laskar pelangi berjuang untuk terus menempuh pendidikan yang lebih tinggi walaupun banyak rintangan yang selalu ada di depan mata. Kami akan terus belajar deni menggapai cita2 kami Salam buat Lintang, Syahdan, Kucai dan A Kiong.

    robbynovricanus responded:
    August 11, 2008 at 7:18 am

    terima kasih atas kunjungannya.
    buku Laskar Pelangi memang bagus untuk dijadikan sebagai motivasi kita dalam banyak hal, motivasi ini yang bisa membangkitkan semangat kita untuk terus mengejar mimpi kita tanpa kenal menyerah dan putus asa, jika sedang malas atau putus asa maka baca buku LP, serapi bagaimana 10 murid tsb berjuang dan berkarya.

    terima kasih

    ari said:
    September 28, 2008 at 9:57 pm

    terima kasih buat LASKAR PELANGI

    robbynovricanus responded:
    September 29, 2008 at 8:21 am

    @ari, terima kasih atas kunjungannya.
    Terima kasih kepada Andrea Hirata yang telah membagi pengalamannya untuk dijadikan pelajaran dan motivasi buat kita untuk terus meraih sukses.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s