Big Ideas for a Small Planet

Posted on

 Acara di Metrotv pada malam senin merupakan suatu acara TV yang menarik dikarenakan acara tsb membahas bagaimana mengurangi yang namanya pemanasan global yang diakibatkan suatu hasil akhir dari produk industri. Acara tsb memberikan suatu ide untuk bumi kita, bagaimana suatu produk memang bisa ramah lingkungan, cost yang tidak tinggi dan bisa bersaing dengan produk yang sejenis.

Acara tsb dibuka dengan suatu penggambaran atau siklus dari industri, di mana suatu industri menghasilkan suatu produk dengan menggunakan bahan mentah dari alam, hanya beberapa bulan saja maka produk sisanya akan menumpuk dan dibuang ke suatu tempat pembuangan sampah. Produk tsb akan lama sekali malah sampai ratusan tahun akan bisa terurai oleh alam. Perusahaan mempunyai tantangan bagaimana desain suatu produk yang bisa ramah lingkungan dan yang terpenting jika sudah tidak dipakai, dibuang ke tempat sampah maka sisa produk tsb memang aman untuk lingkungan malah bisa menjadi nutrisi untuk alam sendiri.

Di bidang industri pemakaian plastik untuk pendukung akhir produk banyak digunakan tetapi sayangnya plastik tsb tidak bisa diuraikan oleh alam jika dibuang di tempat sampah, hal ini akan menjadi masalah besar untuk alam dikarenakan plastik yang diolah secara tradisional memang membutuhkan waktu yang sangat lama sekali supaya diuraikan dan berguna untuk alam, maka tantangan bagi industri menghasil plastik adalah bagaimana plastik jika dibuang maka dalam waktu 180 hari bisa terurai dengan baik oleh alam, ada perusahaan yang sudah menciptakan plastik yang bisa terurai jika sudah dibuang, perusahaan tsb membuat plastik dengan bahan dasar adalah kanji, setelah dilakukan suatu proses maka bisa dihasilkan plastik yang ramah lingkungan dan yang pasti bisa terurai dengan cepat dan terserap oleh tanah.

Selanjutnya adalah bagaimana Ford Motor telah menghasilkan suatu mobil dengan nama Model U, di mana mobil tsb dihasilkan oleh orang-orang yang mempunyai visi supaya mobil tsb ramah lingkungan. Bahan bakar mobil tsb menggunakan hidrogen, di mana output yang dihasilkan dari hidrogen berupa uap dan hawa panas. Terus panel, kursi, atap menggunakan jagung sebagai bahan untuk membentuk barang tsb, jadi jika mobil dibuang atau dimusnahkan maka akan cepat terurai oleh tanah dan ramah lingkungan.

Model_U Keluaran dari Ford Motor – Model U

Jadi semua produk yang dihasilkan diharapkan bisa mengurangi pemanasan global dan yang pasti bisa menyelamatkan manusia sebagai penghuni bumi ini dan membuat kita peduli dengan bumi kita ini.

Bagaimana ide Anda untuk menyelamatkan bumi kita ini ???

….Go Green….

 

10 thoughts on “Big Ideas for a Small Planet

    You Earth said:
    May 19, 2008 at 3:28 pm

    Goog concept…

    robby responded:
    May 21, 2008 at 7:15 am

    terima kasih atas kunjungannya.
    bukan sekedar konsep tetapi sudah ada penerapan dan diharapkan pelaku industri mulai makin peduli dengan hasil akhir yang dihasilkan supaya ramah lingkungan.

    kendi™ said:
    May 22, 2008 at 5:35 pm

    goooooo greeeeennnn

    btw kata loe kemaren bahan dasar bodynya ada kandungan bahan jagungnya yah?

    kalo kepanasan jadi pop corn ngga yah….xixixixixi….

    nice article bro…

    robby responded:
    May 23, 2008 at 7:42 am

    bro, aya-2 wae.
    maksudnya jika mobil ini rusak dan dibuang maka komponen yang membentuk mobil tsb bisa terurai dengan cepat dan tidak merugikan tanah.
    soalnya kebanyakan hasil akhir dari industri belum ramah lingkungan, misal plastik, alfoil yang jika dibuang atau dikubur ke tanah maka akan sulit terurai.
    terima kasih

    nandaz said:
    November 4, 2008 at 7:18 am

    a houndred years tommorow,how much this car could be sell????

    robbynovricanus responded:
    November 5, 2008 at 2:38 pm

    @nandaz, thank you for visitting my blog.
    I hope that car can reduce impact of global warming.

    thank you

    tetapbergerak said:
    June 20, 2009 at 6:47 pm

    Semoga bisa terapkan di Indonesia…
    🙂

      robbynovricanus responded:
      October 30, 2009 at 3:54 pm

      terima kasih atas kunjungannya.

      amin…
      harus diusahakan terus supaya kita makin ber-inovasi seperti Jepang.

      terima kasih

    Musicool said:
    September 7, 2009 at 12:31 pm

    Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
    Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.
    Dan tahukah teman2 Mesin pendingin menggunakan Freon (CFC, HFC, HCFC) sbg bahan pendinginnya, didalam freon mengandung Chlor & Fluor. Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510, artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2, sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15, artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai.

      robbynovricanus responded:
      October 29, 2009 at 11:53 am

      terima kasih atas kunjungannya.

      terima kasih atas saran dan mudah-2an semua orang bisa “ngeh” untuk mengatasi Global Warming bersama-2.
      menuju kehidupan yang lebih baik.

      terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s