Laskar Pelangi Profile

Posted on

anggotalp

membaca buku Laskar Pelangi semakin membuat penasaran, saat ini sudah 2 kali baca buku Laskar Pelangi dan belum puas jika hanya baca 2 kali mungkin akan baca lagi buku tsb, hal ini dikarenakan buku tsb mengandung banyak hikmah dari perjalanan 10 orang yang terkumpul di sekolah Muhammadiyah di Pulau Belitong, banyak sekali pelajaran di dapat dari buku tsb dan yang pasti ini merupakan kisah nyata, jadi jika sudah membaca dan ingin bukti maka kisah tsb memang ada.

karena penasaran dengan kisah nyata ini, maka mulai mencari informasi di internet, salah satu yang ada di wikipedia — http://id.wikipedia.org/wiki/Laskar_Pelangi. di Wikipedia diceritakan tokok Laskar Pelangi terus ada lagi di web Laskar Pelangi — http://abiku2008.multiply.com/ pada web ini diceritakan bagaimana kelanjutan pada Laskar Pelangi yang mendapat kuliah di Luar Negeri, terus ada lagi dari web Andrea Hirata –http://sastrabelitong.multiply.com web ini bercerita karya-karya yang dihasilkan oleh Andrea Hirata.

profile Laskar Pelangi (dari Wikipedia)

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah:

  1. Ikal
  2. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara
  3. Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah
  4. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi ahlan bin Zubair bin Awam
  5. A Kiong;Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman
  6. Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz
  7. Kucai; Mukharam Kucai Khairani
  8. Borek aka Samson
  9. Trapani; Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari
  10. Harun; Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.

Ikal 
Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi. Ia berminat pada sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya pertama kali di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Pada akhirnya hubungan mereka berdua terpaksa berakhir oleh jarak akibat kepergian A Ling ke Jakarta untuk menemani bibinya.
Lintang 
Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat besar untuk bersekolah semenjak hari pertama berada disekolah. Ia selalu aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut merah ikal ini pernah salah membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya semenjak ayahnya meninggal.
Sahara 
Satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah gadis keras kepala berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai, ia baik kepada siapa saja kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air dalam termosnya.
Mahar 
Pria tampan bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat besar pada seni. Pertama kali diketahui ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara. Pria yang menyenangi okultisme ini sering dipojokkan teman-temannya. Ketika dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nasib menyapanya karena tak bisa ke manapun lantaran ibunya yang sakit-sakitan. Akan tetapi, nasib baik menyapanya dan ia diajak petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ia tulis di sebuah majalah, dan akhirnya ia berhasil meluncurkan sebuah novel tentang persahabatan.
A Kiong 
Anak Hokian. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Baginya Mahar adalah suhunya yang agung. Kendatipun pria kecil ini berwajah buruk rupa, ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun kecuali Sahara. Namun, meski mereka selalu bertengkar, ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama lain.
Syahdan 
Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain sandiwara, Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal, ia dan Ikal bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak pernah terbayang oleh Laskar Pelangi lainnya yaitu menjadi aktor. Dengan bekerja keras pada akhirna dia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin… Setelah bosan, ia pergi dan kursus komputer. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer.
Kucai 
Ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek, maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. Laki-laki ini sejak kecil terlihat bisa menjadi politikus dan akhirnya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong.
Borek 
Pria besar maniak otot. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Ketika dewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara.
Trapani 
Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar, ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Cowok yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya berakhir di rumah sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya.
Harun 
Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. Ia menyetor 3 buah botol kecap ketika disuruh mengumpulkan karya seni kelas enam.

Tokoh-tokoh Lain

Bu Muslimah 

Nama lengkap N.A. Musimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid. Dia adalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Wanita lembut ini adalah pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka.
Pak Harfan 
Nama lengkap K.A. Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. Kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah. Ia adalah orang yang sangat baik hati dan penyabar meski murid-murid awalnya takut melihatnya.
Flo 
Nama aslina adalah Floriana, seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. Dia merupakan murid pindahan dari sekolah PN yang kaya dan sekaligus tokoh terakhir yang muncul sebagai bagian dari laskar pelangi. Awal pertama kali masuk sekolah, ia sempat membuat kekacauan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang malang terpaksa tergusur. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk di sebelah Mahar dan tak mau didebat.
A Ling 
Cinta pertama Ikal yang merupakan saudara sepupu A Kiong. A Ling yang cantik dan tegas ini terpaksa berpisah dengan Ikal karena harus menemani bibinya yang tinggal sendiri.

saya membaca Laskar Pelangi maka timbul banyak dorongan motivasi untuk belajar (ada hikmah bagaimana Lintang memberi tahu tentang bagaimana mempelajari sesuatu seperti bahasa Inggris), motivasi untuk tetap semangat sebagaimana semangat Lintang dalam bersekolah yang menempuh jarak jauh dari rumah ke sekolah dengan penuh rintangan, semangat dalam persaudaraan, tidak minder dengan kondisi yang terjadi, pengorbanan seorang guru dalam mendidik anak-anak muridnya, bagaimana seorang guru memacu anak-anak muridnya terus mau belajar dan banyak hikmah yang terdapat di buku Laskar pelangi.

silakan dibaca buku Laskar Pelangi, ambil hikmah dan terapkan dalam kehidupan, supaya Indonesia makin maju.

19 thoughts on “Laskar Pelangi Profile

    Rita said:
    June 25, 2008 at 3:47 pm

    Mas aku punya ke 3 bukunya, lagi nunggu yg ke 4, Maryamah Karpov….
    Mas tau gak aku baru taw kalo di kampungku ada yg namanya daerah gantung dari laskar pelangi, secara kami tinggalnya di Tanjung Pandan ibu kota blitung.
    Aku baru taw kalo ada daerah yg amat memprihatinkan seperti gantung, tempat bang Andrea hirata….
    Trus kemarin, ada casting untuk pemeran para laskar pelangi kecil, keponakanku ikutan, di casting tahap dua gugur karna wajahnya kurang udik hehehe……Pokoknya baca laskar pelangi pasti ketagihan gitu hehe😀

    robby responded:
    June 26, 2008 at 7:52 am

    terima kasih atas kunjungannya.
    Laskar Pelangi kisah nyata dari kisah tsb malah banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil. jika ingin maju dan punya mimpi maka kejarlah, hal ini diperlihatkan oleh Laskar Pelangi.
    terus Ikal (andrea hirata) menuangkan bahasanya sangat baik sekali, sebagai pembaca kita bisa merasakan emosi dan perjuangan Laskar Pelangi, cuman saya masih penasaran ama Lintang, orang yang genius alam.
    dan mudah-mudahan dengan adanya buku Laskar Pelangi bisa memacu semuanya untuk maju dengan keadaan yang bagaimanapun.

    Rita said:
    June 26, 2008 at 11:33 am

    Iya, jadi pemicu semangat, bahasanya universal banget (mudah2mudahan)
    Memaparkan, prinsip,perjuangan,semangat hidup orang2 yg berjiwa tangguh… Tokoh Lintang…Kayaknya gak ada dia di wawancara metro tv yg di tayangin kick Andy…
    Taw gak mas rasanya pengen sengaja ke Belitung, trus nyariin tuh yg namanya Lintang, mau tau kayak apa keadaannya sekarang…. hehe
    maunya dia diikutin ujian susulan sd smp smu, trus kuliah…tapi mungkin gak ya hehe……(injeksi semangatnya yg kayak gini muncul karna baca LP)hehehe..😀

    robby responded:
    June 26, 2008 at 12:04 pm

    semangat dalam buku bisa diterapkan di dunia nyata karena bahasa yang dipaparkan mudah dicerna.
    saya rasa bisa saja deh Mbak, jika melihat dari alur cerita Lintang memang tetap genius dan mudah-mudahan teman-teman di Laskar Pelangi mau untuk membuat Lintang semakin genius saja.

    greenerz said:
    July 11, 2008 at 9:28 am

    bukunya bagus. pertama gue cuma tertarik sampul depan. Hehe. Yup, Judge by it’s cover.

    Hmm, tapi sepertinya isi tulisannya tidak banyak cerita tapi pemikiran dia dan kiasan-kiasan yang mungkin terlalu hebat. Menurut gue aja sih.

    Karena gue mengharapkan novel yang ‘bisa dibaca dan diikuti alurnya’.

    Tapi keren kok bukunya.

    robbynovricanus responded:
    July 11, 2008 at 12:48 pm

    terima kasih atas kunjungannya.
    menurut pendapat sendiri, buku Laskar Pelangi memang bagus, ini mengisahkan kisah nyata tentang perjuangan 10 anak untuk mendapatkan mimpinya, mengenai persahabatan, mengenai bagaimana interaksi guru dan muridnya, banyak sekali pelajaran yang bisa diterapkan dari kisah ini, dan buku memang mudah dibaca (walaupun banyak istilah latin) dan alurnya jelas.

    terima kasih.

    tya said:
    October 4, 2008 at 3:52 pm

    laskar peLOangi tuCh karya mahaDahsyaT..
    Lovt aDrea..

    nalia said:
    October 14, 2008 at 4:34 pm

    laskar pelangi adalah film terbagus yang pernah ku tonton,gaya mereka yang natural ngbuat film ini menjadi bagus…tapi ku terkadang bingun knapa banyak anakremaja”gaul”,jarang ada yang mau nonton ni film padahal kan gak ada salahnya…ku penen banget ketemu verrys yamarno(mahar)/ mahar aslinya jg gak papa abisnya lucu sii… gak salah untuk di tonton…emang laskar pelangi IS The BEST…sukses ya…

    nalia said:
    October 14, 2008 at 4:37 pm

    laskar pelangi adalah film yang keren banget dan patut di tonton…
    oh ia numpang nanya Mahar pernah ngbuat novel ttnang persahabatan klo boleh tau judul novel’a apa ya…tolong bales di email ku…
    makasih..
    sukses untuk laskar pelangi…

    robbynovricanus responded:
    October 20, 2008 at 7:53 am

    @tya, terima kasih atas kunjungannya.
    saya setuju dengan pendapat Tya dan mudah-mudahan makin banyak karya-karya lain yang bisa membuat orang lain terinspirasi.

    terima kasih

    robbynovricanus responded:
    October 20, 2008 at 8:28 am

    @nalia, terima kasih atas kunjungannya.
    saya belum nonton filmnya nih cuman dari sinopsis ceritanya bagus kecuali saya agak kecewa apa yang ada di buku tidak sesuai dengan filmnya tapi keseluruhan film bagus, dan mdh-2 an bisa meng-inspirasi seluruh bangsa Indonesia.

    saya lagi cari informasi tentang novel tsb cuman belum ada nih, kalau ada saya akan coba kirim via email ke nalia.

    terima kasih

    Berkah Melati Andriani said:
    November 4, 2008 at 5:09 pm

    Ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh gela ini tuh keren banget yaaaa(Y)

    robbynovricanus responded:
    November 5, 2008 at 2:41 pm

    @berkah melati andriani, terima kasih atas kunjungannya.
    gela itu apa yah.
    Laskar Pelangi jika dibaca maka membuat kita ter-inspirasi utk maju dan bersyukur.

    terima kasih.

    wahyu nurhaditama said:
    December 2, 2008 at 4:56 pm

    laskar pelangi is the best………………………………………………….

    robbynovricanus responded:
    December 3, 2008 at 7:41 am

    @wahyu nurhaditama, terima kasih atas kunjungannya.

    betul sekali Laskar Pelangi memang the best.
    btw, udah baca buku terakhir karya Andrea Hirata, bagus juga loh.

    terima kasih

    nUNuz said:
    December 10, 2008 at 10:46 am

    Eh…, kOk di LaskAr peLangi 1 peMeraNx beDa ama SanG peMimPi???
    si ArAi adA diMana tUch???
    kAsih tAu dOnk…, wE peNasaRan niE!!!!

      robbynovricanus responded:
      December 10, 2008 at 11:38 am

      @nUNuz, terima kasih atas kunjungannya.
      sepertinya akan lebih enak jika tidak membandingkan antara film Laskar Pelangi dengan bukunya karena akan banyak perbedaan.
      lebih baik kita mengambil pelajaran dari film Laskar Pelangi dan bukunya karena bisa membuat kita mempunyai motivasi yang tinggi dalam menghadapi kehidupan ini.
      oh yah, apakah sudah membaca tetralogi Laskar Pelangi semuanya ? jika belum silakan baca, ceritanya makin seru dan saya lagi menunggu buku Maryamah Karpov edisi ke-2, yang pertama sudah selesai dibaca.

      terima kasih.

    naenk said:
    December 11, 2008 at 4:39 pm

    Buku yang bagus, ternyata dialam yang ganas ada mutiara2 yang patut di contoh
    Bahasanya bagus, pake perumpamaan yang kadang2 tidak terpikirkan sehingga kita yang baca seolah2 ikut merasakan panasnya P Belitong, tau jeleknya sekolah Muhammadiya, dan tau juga kehidupan orang Belitong.
    Salut buat Adrea Hirata

      robbynovricanus responded:
      December 12, 2008 at 7:18 am

      @naenk, terima kasih atas kunjungannya.
      saya setuju itu, di dalam buku sarat nilai yang bisa kita tiru dan membuat kita mempunyai motivasi yang tinggi dalam menghadapi kesulitan yang kita hadapi untuk meraih mimpi-mimpi kita.

      terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s