KISS (Keep It Simple & Sweet)

Posted on

 Keep It Simple & Sweet 🙂
berikut kasus-kasus menarik…kita-kita yang berkutat di pekerjaan-pekerjaan improvement bisa belajar dari tiga kasus di bawah ini.

Kasus 1 :
 
Salah satu dari kasus yang ada adalah kasus kotak sabun yang kosong, yang terjadi di salah satu perusahaan kosmetik yang terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut menerima keluhan dari pelanggan
yang mengatakan bahwa ia telah membeli kotak sabun (terbuat dari bahan kertas) kosong. Dengan segera pimpinan perusahaan menceritakan masalah tersebut ke bagian pengepakan yang bertugas untuk memindahkan semua kotak sabun yang telah dipak ke departemen pengiriman. Karena suatu alasan,
ada satu kotak sabun yang terluput dan mencapai bagian pengepakan dalam keadaan kosong. Tim manajemen meminta para teknisi untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan segera, para teknisi bekerja keras untuk membuat sebuah mesin sinar X dengan monitor resolusi tinggi yang dioperasikan oleh dua orang untuk melihat semua kotak sabun yang melewati sinar tersebut
dan memastikan bahwa kotak tersebut tidak kosong. Tak diragukan lagi, mereka bekerja keras dan cepat tetapi biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Tetapi saat ada seorang karyawan di sebuah perusahaan kecil dihadapkan pada permasalahan yang
sama, ia tidak berpikir tentang hal-hal yang rumit, tetapi ia muncul dengan solusi yang berbeda.
Ia membeli sebuah kipas angin listrik untuk industri yang memiliki tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis pengepakan. Ia menyalakan kipas angin tersebut, dan setiap ada kotak sabun yang melewati kipas angin tersebut, kipas tersebut meniup kotak sabun yang kosong keluar
dari jalur pengepakan, karena kotak sabun terbuat dari bahan kertas yang ringan.

Kasus 2 :
 
Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar angkasa, mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa berfungsi di gravitasi nol, karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata pena.
Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu dekade dan 12 juta dolar.
Mereka mengembangkan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik, dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam derajat temperatur mulai
dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat Celcius.

Dan apakah yang dilakukan para orang Rusia ?.
Mereka menggunakan pensil !!

Kasus 3 :
 
Suatu hari, pemilik apartemen menerima komplain dari pelanggannya. Para pelanggan mulai merasa waktu tunggu mereka di pintu lift terasa lama seiring bertambahnya penghuni di apartemen itu.
Dia (pemilik) mengundang sejumlah pakar untuk men-solve.

Satu pakar menyarankan agar menambah jumlah lift. Tentu, dengan bertambahnya lift, waktu tunggu jadi berkurang. Pakar lain meminta pemilik untuk mengganti lift yang lebih cepat, dengan asumsi, semakin cepat orang terlayani.
Kedua saran tadi tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi, satu pakar lain hanya menyarankan satu hal, “Inti dari komplain pelanggan anda adalah mereka merasa lama menunggu”.
Pakar tadi hanya menyarankan untuk menginvestasikan kaca cermin di depan lift, agar pelanggan teralihkan perhatiannya dari pekerjaan “menunggu” dan merasa “tidak menunggu lift”.

Moral cerita ini adalah sebuah filosofi yang disebut KISS (Keep It Simple & Sweet) atau ada jg yg menyebutnya Keep It Simple Stupid,  yaitu selalu mencari solusi yang sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat melakukannya.
Cobalah menyusun solusi yang paling sederhana dan memungkinkan untuk memecahkan masalah yang ada.
Maka dari itu, kita harus belajar untuk fokus pada solusi daripada pada berfokus pada masalah.

*”Bila kita melihat pada apa yang tidak kita punya di  dalam hidup kita, kita tidak akan memiliki apa-apa. *

*Tetapi bila kita melihat pada apa yang ada di tangan kita, kita memiliki segalanya.”*

6 thoughts on “KISS (Keep It Simple & Sweet)

    hanggadamai said:
    June 30, 2008 at 11:17 pm

    wah dapet pencerahan nih diriku. Soalnya diriku lg bermasalah ma risetku..
    makasih ya mas robby

    robbynovricanus responded:
    July 1, 2008 at 7:50 am

    terima kasih atas kunjungannya.
    saya dapat juga training di kantor, sebenarnya sudah lama cuman baru sharing sekarang deh.
    mudah-mudahan makin cepat selesai risetnya (memangnya lg riset apa).

    terima kasih

    Menik said:
    July 1, 2008 at 10:33 am

    Wah… jadi dapet ilmu baru nih Mas..🙂

    robbynovricanus responded:
    July 1, 2008 at 11:42 am

    hi bunda, terima kasih atas kunjungannya.
    sekedar sharing ilmu aja bunda, supaya makin kita semakin maju bersama.

    terima kasih

    Rita said:
    July 1, 2008 at 1:36 pm

    Pas baca judul hihi salah terka😀
    Kasus3 kesan “stupid”-nya di cermin ya mas hehe…:D
    Baik diterapkan dalam hidup sehari-hari.:)
    aw, nice post mas, thax😀

    robbynovricanus responded:
    July 1, 2008 at 3:25 pm

    terima kasih atas kunjungannya mbak.
    ini oleh-oleh dari training kantor terus untungnya trainer memberi artikel, nah saya tugasnya hanya upload di blog saya.
    mudah-mudahan bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari dan kita bisa memberikan suatu solusi yang mem”bumi” jadi semua orang bisa mengerti.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s