trik pasca liburan sekolah

Posted on

liburan sekolah sudah dimulai sejak 1 minggu atau 2 minggu yang lalu, liburan sekolah bisa diisi dengan banyak hal, misal main ke rumah nenek-kakek di luar kota, jalan-jalan ke daerah wisata, mengisi waktu dengan baca buku dan lain-lain. apapun bentuk liburan sekolah yang dilakukan mestinya bisa membuat kondisi siap untuk menjalankan kegiatan selanjutnya.

sebelum memulai kegiatan sekolah, biasanya orang tua akan beli buku tulis untuk anak-anaknya akan mulai ajaran baru, banyak tempat untuk beli buku tulis, dari warung, toko-toko kecil hingga pameran yang dikhususkan untuk menyambut tahun ajaran baru sekolah.

kalau tradisi saya di keluarga, jika menyambut tahun ajaran baru sekolah adalah mencari buku tulis di Pekan Raya Jakarta, mulai PRJ di Monas hingga sekarang di Kemayoran. tradisi ini dimulai awalnya untuk mengisi kegiatan libur sekolah, biasanya Papa (alm) akan mengajak ke PRJ karena di perhelatan PRJ banyak sekali keluarga dari pihak Papa yang terlibat di situ, sekalian ajang silaturahmi dan mendapatkan kebutuhan untuk sekolah. serunya di PRJ yaitu bisa mendapatkan buku tulis yang murah dibanding tempat lain dan juga bisa mendapatkan barang-barang yang lain diluar kebutuhan sekolah hehehe, dan jika sudah pulang dari PRJ ada perasaan senang dan bahagia walaupun capek tapi perasaan senang dan bahagia terbawa terus, mungkin karena bisa mendapatkan kebutuhan yang diinginkan jadi bahagia.

pembelian buku tulis dan peralatan untuk kebutuhan sekolah jika dilakukan rutin maka akan terkena bosan juga dan bisa dibayangkan berapa banyak buku yang diproduksi dari tahun ke tahun dan dipakai oleh anak-anak sekolah, terus tidak tahu malah dapat ide yang gila hehehe.

ide gila nomor 1 : mengganti buku tulis dengan laptop

hal ini hanya sekedar supaya bisa hemat untuk pembelian buku dan penghematan bahan baku tidak perlu menebang pohon (go green). segi positifnya buku tulis diganti dengan laptop adalah tidak ada pembuangan buku artinya ilmu tetap bisa dipelihara, selain itu kita bisa membuka atas pengetahuan yang dulu, bayangkan jika masih pakai buku ditanya pelajaran yang dulu mau tidak mau maka kita harus buka buku yang dulu. terus semua buku yang ada dibuat dalam ebook atau softcopy soalnya sudah ada buku-buku pelajaran yang tersedia dalam format softcopy, jadi kita bisa buku tsb di mana saja selama bawa laptop tsb dan tersedia jaringan listrik.

selain itu dengan bawa laptop maka kita bisa akses ilmu di mana dengan internet apalagi internet semakin murah, jadi kita makin banyak ilmu dan bisa dibayangkan anak-anak Indonesia bisa menghasilkan karya yang banyak dan bermutu.

walaupun awal beli laptop mahal tapi bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, investasi di awal dan keuntungan bisa didapat kemudian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s