pencitraan politikus

Posted on

hari minggu dikarenakan tidak ada acara akhirnya main ke rumah saudara, setelah ditawari makanan, minuman dan ngobrol terus lihat kompas hari minggu tanggal 20 Juli 2008. biasanya sih kalau baca koran maka kolom olahraga menjadi bacaan pertama hehehe, maklum lebih enak baca kolom olahraga sebelum mencari topik yang lain.

lupa di halaman berapa, ada satu topik yang menarik tentang pencitraan politikus, di sini ada bisnis baru untuk pencitraan seorang politikus atau orang yang ingin menarik simpati malah ada juga pejabat tinggi negara, bisnis ini mengatur bagaimana sikap, bicara, senyum atau berperilaku malah diatur bagaimana cara berpakaian, salaman, menjawab pertanyaan supaya menarik simpati orang atau rakyat hehehe. sudah mulai banyak pemain bisnis untuk hal ini, mereka bekerja 24 jam supaya orang yang dicitrakan sesuai dengan konsep mereka dan tidak salah. mereka ini (yang bekerja untuk pencitraan) benar-benar bekerja keras, malah terlibat dalam kampanye supaya klien mereka sukses dan yang pasti nilai kontrak sangat mahal sekali bisa hingga ratusan juta malah sampai nilai M.

fenomena yang menarik yah, di mana menarik simpati atau dukungan dengan cara hal ini, sebagian klien mereka sukses, ada yang menjadi gubernur, walikota malah presiden. jadi makin benar saja jika pemimpin hanya menjual mimpi untuk mensejahterakan dengan realisasi yang jarang terjadi. dan jika melihat trendnya maka akan banyak sekali klien terbantu tetapi tidak membantu kebanyakan orang yang menaruh harapan terhadap mereka seperti rakyat.

tetapi menurut lembaga survei, sepertinya rakyat Indonesia sudah mulai tentang bagaimana melihat wakil rakyat dengan tidak melihat citra diri tapi bukti nyata terhadap kesejahteraan rakyat. di berita kompas juga ada yang menarik yaitu dari mana klien itu membayar jasa atas pencitraan diri mereka dan jawaban dari penyelenggara jasa ini kan ada pengusaha… pantas saja hampir banyak kebijakan tidak memihak ke rakyat, soalnya harus balas budi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s