ijabah doa

Posted on

kemarin mendengarkan kultum di kantor yang biasanya dilakukan pada bada dzuhur, ustadz yang datang memberikan tausiyah yang sederhana tapi tepat sasaran.

hikmah dari kultumnya adalah kenapa doa kita kurang cepat diijabah oleh ALLAH SWT, ustadz memberikan faktor penyebab kenapa doa tidak cepat diijabah salah satunya adalah kita kurang cepat merespon panggilan atau seruan dari ALLAH SWT, sebagai salah satunya adalah panggilan sholat. kita tidak sadar bahwa kita suka menunda panggilan solat dalam waktu tertentu misal kita buat rata-rata setiap sholat kita menunda kurang lebih 1 jam (pribadi sendiri suka menunda sholat terutama jika mau sholat Isya), dalam sehari semalam kita melakukan 5 kali sholat artinya dalam 1 hari kita sudah menunda sebanyak 5 jam.

bandingkan jika dalam seminggu artinya 7 hari dikalikan dengan 5 jam menjadi 35 jam, dan kombinasikan jika dibanding 1 bulan atau 1 tahun atau diukur dalam jangka waktu di mana pertama kali kita sudah akil baligh sampai dengan sekarang, sudah berapa jam kita menunda panggilan sholat dan pantas saja jika doa kita kurang cepat diijabah.

jika kita cepat merespon panggilan ALLAH SWT (panggilan sholat contohnya) maka ALLAH SWT akan cepat sekali merespon (menjawab) semua permintaan kita, dalam salah satu hadits diceritakan jika kita mendekati ALLAH SWT dengan berjalan maka ALLAH SWT akan mendekati kita dengan berlari, sungguh indah sekali jika kita cepat merespon panggilan-Nya.

momentum Ramadhan sekarang ini harusnya membuat kita makin cepat merespon panggilan ALLAH SWT di bulan sesudah Ramadhan, karena selama Ramadhan ini kita selalu cepat merespon panggilan-Nya dan melakukan solat berjamaah di mesjid, hal ini terlihat dari banyaknya sholat berjamaah dan tepat waktu. mudah-mudahan kita bisa berubah perilaku kita dalam merespon panggilan ALLAH SWT dalam bulan-bulan sesudah Ramadhan karena Ramadhan adalah bulan pelatihan di mana kita di didik untuk menghadapi bulan-bulan sesudah Ramadhan, amin.

berusaha keras untuk selalu merespon cepat panggilan ALLAH SWT dan berjamaah

2 thoughts on “ijabah doa

    julia said:
    September 16, 2008 at 1:07 pm

    saya juga sering menunda sholat mas, malah kadang2 melupakannya..
    padahal Allah masih terus memberi nikmat kesehatan pada saya dan keluarga..
    cepat2 zuhur ah…

    robbynovricanus responded:
    September 16, 2008 at 1:58 pm

    @julia, terima kasih atas kunjungannya, salam kenal.

    sama yah saya juga suka banget nunda sholat apalagi kalau Isya, karena badan capek terus tidur dan bangunnya jam 4 pagi di mana bentar lagi subuh terus bukannya nunggu sholat subuh eh tidur lagi bangun jam 1/2 6 pagi.
    cuman Ramadhan ini saya coba perbaiki hal, pingin supaya makin dekat ama ALLAH SWT.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s