standar keinginan pelanggan dan pemenangnya

Posted on Updated on

ada percakapan seperti ini :

A : ” gila banget di tempat gw jualan sekarang udah saingan nih, mana saingan itu berasal dari francise yang terkenal lagi ”

B : ” kalo banyak saingan omset bakal turun dong ”

A : ” iyah juga sih cuman yang pasti kalo coba makanan yang gw jual pasti akan ketagihan soalnya udah harga murah, dan ukuran yang beda dengan saingan nih ”

B : ” ooo gitu, perlu dicoba sih cuman selain itu apalagi yang membedakan jualan elo ama saingan elo ? ”

A : ” selain itu rasanya enak, juga ramah pelayanannya nih hehehe ”

B : ” tapi kayaknya semua pedagang akan seperti itu deh, nah pembeda elo apa ? ”

A : ” iyah juga sih, hmmmmm “

rasanya hal diatas akan dialami oleh semua orang atau perusahaan yang bergerak baik itu di bidang jasa maupun jualan produk, saingan akan terus muncul, mungkin awalnya produk atau jasa memang unik jadi tidak ada saingan dan semua orang bisa memilih hal itu cuman seiring waktu pasti akan ada saingan soalnya akan banyak orang yang meniru dikarenakan bisa menguntungkan selain itu belum banyak pemain atau berjualan seperti itu.

sebagai contoh aja, dulu yang namanya Pizza pasti akan dikenal baik yaitu Pizza HUT, dulu harganya mayan mahal dan tidak ada variasi Pizza cuman sekarang karena banyak saingan untuk bisnis Pizza, maka Pizza HUT membuat harga menjadi menarik dan banyak sekali varian Pizza nya, hal ini membuat pelanggan tetap memilih Pizza HUT.

Roti Unyil adalah roti yang bentuk kecil-kecil dengan bentuk dan rasa yang khas, sekarang ini sudah mulai banyak yang meniru roti seperti roti unyil tetapi roti unyil tetap dipilih oleh para penikmatnya karena rasa dan bentuknya yang tetap terjaga. 

dari hal diatas bisa ditarik suatu kesimpulan yaitu pelanggan atau customers mempunyai suatu standar untuk memilih suatu produk atau jasa yaitu harga, kualitas, pengiriman, service dan lain-lain, tetapi perlu diperhatikan adalah jika ada produsen jika sudah memenuhi standar keinginan dari pelanggan atau customer maka belum tentu produk atau jasa itu yang dipilih, karena standar keinginan dari pelanggan baru dibilang order qualifiers (introductio to materials management).

terus bagaimana supaya bisa pelanggan memilih produk atau jasa disebut juga order winners, maka produk atau jasa yang dipilih harus mempunyai suatu karakteristik yang bisa membuat pelanggan dengan berani memilih produk atau jasa tsb. 

untuk mempunyai karakteristik yang bisa dipilih oleh pelanggan bisa dilakukan dengan memenuhi standar dulu setelah dilakukan pembedaan dengan pesaing yang sama. untuk membedakan dengan pesaing maka bisa dilakukan melalui produk atau jasanya, jika produk harus dipenuhi adalah rasanya, kualitas, atau dibuat variasi yang baru supaya pelanggan tidak bosan terhadap produk. selain itu mungkin bisa melalui service kepada pelanggan. soalnya kadang pelanggan suka memilih produk atau jasa dikarenakan pelayanan yang sangat baik, ramah dan mau membantu pelanggan. 

jika sudah menjadi pemenang karena dipilih oleh pelanggan maka jangan berpuas diri karena standar keinginan pelanggan berubah dan pesaing akan berusaha meniru karaktersitik dari pemenang. jadi untuk pemenang maka harus terus melakukan perubahan terhadap produk atau jasanya supaya tetap dipilih oleh pelanggan atau customernya.

6 thoughts on “standar keinginan pelanggan dan pemenangnya

    kendi said:
    January 2, 2009 at 1:46 pm

    punya ide yang sesuai dengan keadaan dan kondisi usaha gw sekarang?

    bagaimana kalau kondisi untuk mencapai standar pelanggan belum bisa dilakukan karena adanya halangan2 yang masih di rasa tidak memungkinkan?

    antara lain sulitnya explorisasi menu, lingkungan tempat berjaulan dlsb??

    mohon masukan dari master🙂

      robbynovricanus responded:
      January 2, 2009 at 4:11 pm

      @kendi, terima kasih atas kunjungannya

      bro, boleh tahu ga halangan-nya seperti apa ?
      terus untuk mendapatkan standar keinginan pelanggan ada cara mudah yaitu menanyakan atau minta feedback dari pelanggan sendiri.
      dari keinginan mereka elo bisa buat semacam standarisasi produk yang elo jual.
      jika sudah ada standarisasi terus lihat pesaing elo seperti apa, apakah mereka mempunyai standar yang sama atau lebih, kalau pesaing elo mempunyai standar yg sama maka elo harus tingkatkan standar elo cuman jika pesaing elo punya standar yg tinggi maka tiru lah, supaya jualan elo mempunyai daya saing yang sama atau lebih.
      hitung juga dengan budget, harga pokok penjualan, biaya-2 yang lain dan juga profitnya, komponen-komponen itu harus dihitung supaya tidak merugi.
      yang pasti elo lebih tahu tentang bisnis elo sendiri, gw hanya menyampaikan saran secara umum aja.

      terima kasih.

      note. gw bukan master bro, hanya sharing aja dari buku yang gw baca, terima kasih

    kendi said:
    January 5, 2009 at 11:03 am

    banyak sekali bro yang menghalangi keinginan untuk mengexplorasi dalam rangka peningkatan standarisasi (standar gw yah, yang pasti lebih dari yang customer inginkan) misalnya menu yang variatif, kemasan dll.

    ini terbentur dengan tempat berjualan dan modal😛 (klasik banget yah)

    yang pastis standar keinginan melalui feedback sudah dilakukan dan di benahi, dan tentunya sekarang masih bisa bersaing dengan mereka.

    ada ide lain nya agar lebih membuat customer berpaling ke tempat gw??

    * gw rasa loe the best konseptor bro🙂

      robbynovricanus responded:
      January 5, 2009 at 2:11 pm

      @kendi, terima kasih atas kunjungannya

      sebenarnya untuk membuat customer memilih produk lain ga perlu modal yang banyak kok
      elo bisa sajikan service yang memuaskan ke mereka, bisa dengan cara lebih dekat ke mereka atau tiba-2 nih elo kasih extra produk jualan elo
      dari extra tsb akan ada nilai puas ke customer
      cuman pemberian extra jangan sampe buat elo bangkrut yah
      setidaknya extra diberikan kalo elo sudah dapat bonus dari penjualan atau profit elo

      terima kasih.

      ps. gw masih bisa banyak belajar kok bro utk menjadi yang the best

    Yono said:
    July 30, 2009 at 11:58 am

    Milikilah tujuan yang lebih besar dari pada sekedar mencari keuntungan atau penghasilan yang besar dalam berbisnis tapi saling memberikan keuntungan dan manfaat yang lebih jelas dan nyata terhadap pelanggan, serta manfaat yang selalu membuat pelanggan mengetahui dan merasakan apa yang di inginkan itu ada di sini .
    perhatikan pelayanan purna jual dan berikan pemahaman kepelanggan mengenai konsep kedepan dari usaha ini libatkan pelanggan untuk mencapai suatu produk atau jasa yang lebih baik ,(polling melalui web dlsbg / forum ,..)karena bagaimanapun pelanggan yang lebih tahu apa yang diinginkannya dan kitalah yang akan menghintung dan mempertimbangkan ke dalam strategi layanan berikutnya .

      robbynovricanus responded:
      October 29, 2009 at 11:57 am

      terima kasih atas kunjungannya.

      makasih atas pencerahannya.
      semoga pencerahan ini bisa digunakan di semua bidang dan tidak fokus hanya ke bisnis.

      terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s