Implementasi ERP

Posted on

Implementasi ERP adalah suatu pekerjaan yang berat sekali yang harus dilakukan bersama-sama oleh suatu perusahaan dan bukan tugas atau proyek IT saja. Implementasi ERP merupakan tugas atau proyek seluruh perusahaan tanpa terkecuali.

foyourinfosekedar sharing informasi saja dari proses implementasi ERP seperti ini :

mulai dari penjajakan mau menggunakan sistem ERP apa

setelah penjajakan adalah apakah sistem yang sedang dijajaki bisa memenuhi kebutuhan perusahaan itu, setelah dijajaki maka sistem ERP akan dipilih.

jika sistem ERP bisa memenuhi kebutuhan, maka mulai untuk menyusun solusi dari kebutuhan perusahaan, kebutuhan perusahaan bisa didefinisikan melalui departemen-departemen yang terkait dengan sistem ERP. jangan lupa untuk saling bekerjasama dengan vendor, hal ini supaya vendor bisa lebih beri spesifikasi solusi di perusahaan tsb.

ada pelatihan atau training dari pihak vendor supaya orang-orang yang terkait dengan sistem ERP yang diimplementasi bisa mengetahui bagaimana proses di sistem ERP, hal ini bertujuan supaya ada saling interaksi untuk pembuatan solusi yang tepat.

persiapkan master data, settingan, dan hal-hal yang terkait dengan proses di sistem ERP yang baru, hal ini dilakukan supaya bisa dilakukan test dengan data yang sebenarnya.

pelatihan atau training untuk end user atau pengguna langsung sistem ERP hal ini bertujuan supaya end user sudah terbiasa dengan sistem ERP yang baru.

buat suatu demo di mana semua bagian bisa melihat proses sistem ERP yang baru terutama yang terkait dengan sistem ERP seperti Planning, Pembelian, Produksi, Gudang, Engineering dan Finance.

sebelum Go Live dengan sistem ERP baru, pastikan sudah mempunyai saldo awal inventory untuk sistem ERP yang baru.

Go Live sistem ERP baru.

pantau transaksi di sistem ERP baru selama 1 bulan secara ketat termasuk juga bagaimana proses transaksi di dalam Finance.

terus pantau hingga 3 atau 6 bulan kedepannya, supaya bisa memastikan bahwa sistem ERP yang baru memang sudah berjalan dengan baik tetapi jika ada masalah di sistem ERP baru apakah diselesaikan dari pihak Intern perusahaan jika bisa maka dicari solusi tetapi jika tidak bisa maka lanjutkan ke pihak vendor untuk membantu.

(catatan dari implementasi ERP yang sedang berjalan, doakan yah supaya implementasi bisa berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan yang banyak baik itu dari SDM, hardware, prosedur, maupun sistem ERP sendiri. semua pengalaman implementasi ERP akan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat semua yang terlibat dalam implementasi ERP. Semangat yah Semuanya).

012

tulisan ini dipublish melalui blogdesk versi 2.8, bisa dipublish tanpa membuka blog wordpress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s