komunikasi dalam bahasa asing

Posted on

untuk mengisi waktu di hari libur sabtu atau minggu kadang ber-kreasi keluar rumah bisa menyenangkan walaupun tidak sampai keluar kota tapi menyenangkan dan kadang jika buka mata, buka telinga dan buka hati bisa mendapatkan pelajaran dari aktifitas orang-orang.

seperti hal hari sabtu, kejadian ini terjadi ketika sedang antri untuk beli ice cream di counter, ketika sedang antri dan panas pula eh ada kejadian yang menarik di mana saya memetik pelajaran berharga yaitu tentang bahasa dan bagaimana menerapkan rasa keberanian kepada anak.

pelajaran itu adalah bagaimana mengajarkan untuk bisa bahasa asing (bahasa asing adalah bahasa selain bahasa yang digunakan sehari-hari) ke anak, sang ibu yang saya lihat di kejadian itu adalah ibu yang menggunakan bahasa asing ketika berdialog dengan anak-anaknya dan anak-anak tsb mau berbicara menggunakan bahasa asing. ibu itu juga mengajarkan supaya anak-anaknya berani untuk bicara dalam bahasa asing.

jika me-refer kita ingin belajar bahasa asing maka biasanya kita kesulitan untuk bicara dalam bahasa asing karena banyak alasan misal takut salah omong, takut diketawain, salah gramar dan banyak hal lainnya.

tapi jika melihat kejadian ibu tsb maka saya mulai berpikir bahwa bahasa asing memang harus biasa digunakan walaupun hanya untuk menyapa, mengucapkan salam, ucapan terima kasih dan lain-lain, hal ini supaya membiasakan kita dengan bahasa asing. kalau mau kita mencontoh bagaimana Jepang bisa maju tetapi tidak melupakan bahasa dan budaya bangsa sendiri.

dan penggunaan bahasa asing akan lebih baik dilakukan sejak dini dan bisa dimulai dengan keluarga sendiri, hal ini supaya timbul keberanian untuk diri sendiri dalam berkomunikasi dengan bahasa asing. oh ya, kita harus juga merubah budaya di mana jika melihat orang lain salah maka reaksi kita tertawa, meledek, atau menghina orang tsb, kita harus mulai menanamkan ke generasi anak-anak untuk tidak mengetawaan, meledek atau menghina orang yang berbuat kesalahan.

semoga dengan sharing ini, kita bisa membuat bangsa Indonesia semakin maju sumber daya manusia nya dan juga makin tertanam budaya-budaya atau kebiasaan yang baik untuk generasi berikutnya.

I-Luv-Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s