Sensor Pentax K-X

Posted on

kamera DSLR merupakan kamera di mana harus ada perawatan khusus setelah dibeli, perawatan tsb bisa dilakukan sendiri atau dilimpahkan ke yang ahli untuk hal tsb, perawatan yang harus dilakukan meliputi diusahakan kamera disimpan pada tempat yang baik, hindari debu, membersihkan body atau lensa dan lain-lain.

cuman perawatan tsb akan makin puas jika dilakukan sendiri dengan panduan dari yang sudah ahli, seperti hal nya kamera yang saya gunakan yaitu pentax k-x, awal beli mayan rajin merawat dibuat jadi anak emas dalam hal perawatan dikarenakan faktor kesibukan dan “malas” maka kamera agak ter-lantar, kamera hanya disimpan dan digunakan jika memang perlu saja.

hingga suatu hari, ingin sekali merawat pentax k-x tsb, biasanya yang saya lakukan adalah membersihkan lensa termasuk me-lap body lensa dan menyemprot dengan blower bagian-bagian tertentu, kemudian dilakukan perawatan ke body kameranya.

dari pentax k-x memang ada suatu fitur untuk membersihkan dust removal dan mirror up, cuman yang biasa dilakukan dust removal, kata mereka-mereka yang ahli debu merupakan musuh yang harus diperhatikan jika punya kamera DSLR.

setelah dilakukan Dust Removal ternyata ada suatu titik hitam sewaktu melihat hasil foto dan ketika dicek ternyata memang ada, kemudian lensa dibuka dan dilakukan penyemprotan dengan blower ternyata titik hitam tsb tidak hilang juga.

IMGP9106

kemudian bertanya lah kepada yang ahli di pentax melalui milis pentax-indonesia@yahoogroups.com, ternyata mendapat jawaban yaitu harus dibersihkan dengan cara melakukan Mirror Up dari Menu Kamera dan dilakukan penyemprotan dengan blower ketika mirror terangkat, setelah dibersihkan maka hasilnya foto ketika dicek maka titik hitam tsb sudah tidak ada.

senangnya karena pentax k-x sudah dibersihkan dan siap untuk hunting foto lagi.

(upload by blogdesk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s