Group Study Bogor – 26 Mei & 2 Juni 2012 – Inventory Planning, Demand Management & Sales Forecasting

Posted on Updated on

Bapak dan Ibu Yth,
Indonesian Production and Operation Management Society (IPOMS) – Group Study Bogor (GSB) sebuah organisasi nirlaba yang mencoba untuk ikut mencerdaskan bangsa dan menaikan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia melalui keilmuan di bidang Manajemen Produksi, Operasi dan Inventory kembali hadir untuk menyelenggarakan Study Group dengan judul : Inventory Planning, Demand Management & Sales Forecasting (A New Approach-Fokus pada process improvement bukan pada akurasi forecast)

OVERVIEW
Inventory merupakan hal penting di industri sebagai alat untuk memberikan service level yang baik kepada customer. Dalam industri make to stock, inventory tersedia sebelum customer memberikan order, dalam industri make to order bahan baku & kapasitas harus tersedia sebelum customer memberikan order.

Dibutuhkan kemampuan melakukan forecast dan mengelola demand. Forecast merupakan hal yang penting bagi perusahaan dalam membuat planning. Tapi banyak keluhan dari pemakai forecast ini, antara lain: kurang akurat, kurang detail, sulit melakukan forecast karena preferensi customer tidak bisa di duga dll

Melakukan forecast yang lebih baik akan meningkatkan service level kepada customer (order fulfillment – pemenuhan order), mengurangi inventory, antisipasi kapasitas, produktifitas yang lebih baik dan yang paling penting menjual produk lebih banyak kepada customer.

Dalam Study Group ini, selain akan dibahas mengenai cara mudah melakukan forecast, siapa yang bertanggung jawab dan alat bantu apa yang dibutuhkan. Peserta juga diajak mengerjakan beberapa latihan dan praktek dalam melakukan forecast dan bukan menggunakan teknik statistik yang rumit.

LEARNING OBJECTIVE
1. Belajar memahami kenapa forecast dibutuhkan, seberapa detail forecast perlu disiapkan, siapa yang bertanggung jawab membuatnya.
2. Belajar memahami forecasting sebagai proses ada input, output & tips nya, level forecast (produk family maupun SKU).
3. Belajar memahami pemakaian forecast dari sisi keuangan, rencana sales, menyeimbangkan demand & supply dan sebagai data untuk melakukan sales & operation planning bulanan.
4. Memahami bagaimana mengelola demand yang tidak pasti, data apa yang dibutuhkan dan jenis software yang dibutuhkan.
5. Distribution requirement planning (DRP) bagaimana mengelola demand yang berasal dari distributor.
6. Customer relationship management sebagai alat mengelola informasi dari customer untuk diolah menjadi demand planning.

WHO SHOULD ATTEND
Study group ini sangat tepat untuk diikuti oleh para sales, marketing, demand planner, supply planner, inventory controller, production, warehouse, purchasing dan para manager/supervisor yang terkait dengan kebutuhan forecast.

HARI PERTAMA, Sabtu,14 April 2012
Pada hari pertama ini peserta akan diajak untuk memahami:
• Sasaran dan peran forecast dalam planning perusahaan, satu angka untuk semua (one set number)
• Accountability: siapa yang paling pantas membuat dan beberapa tips melakukannya
• Forecasting sebagai suatu proses: apa input, proses & outputnya
• 8 langkah forecast
• Akurasi forecast: variability, mengurangi forecast error, tracking signal, kecepatan & agility/kelincahan
• Perbedaan antara quantitative & qualitative forecast, kapan dipakai dan kenapa harus dikombinasikan
• Time series decomposition & causal forecasting

HARI KEDUA, Sabtu, 21 April 2012
Pada hari kedua peserta diajak untuk memahami:
• Forecasting pyramid: membuat forecast dalam volume/product family, hindari terlalu detail, planning bill of material
• Pemakaian forecast bagi: financial planning, sales planning, demand & supply, volume – mix, perencanaan capacity, menjalankan sales & operation planning, membuat master schedule & replenishment distribution center
• Mengelola ketidak pastian demand
• Implementasi forecast: people, data & software
• Wrap up: fokus pada team work bukan formula, fokus pada improvement process bukan akurasi, forecast less not more
• Customer relationship management: value proposition bagaimana menjaga loyal customer, proses order fulfillment
• Forecast product family & SKU untuk replenishment inventory di distributor
• Replenishment distribution inventory melalui push vs pull
• Menghitung distribution requirement planning (DRP) dari DC ke central supply

FASILITATOR
Iwan Nova, MBA, CPIM, CSCP
Pengalaman 20 tahun dalam bidang manufacturing beberapa perusahaan MNC seperti Mitsubishi Electric, Sony, Mattel, Pirelli Cables. Lulus dari ITB teknik elektro dan mendapatkan MBA dari Monash University, mendapatkan sertifikasi CPIM (Certified Production Inventory APICS (American Production Inventory Control Society) pada tahun 2005. Pernah mengikuti berbagai short courses di manca negara seperti di Amerika, Malaysia, Jepang dan China. Ia telah men-deliver berbagai topik training dalam area operation management di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun public.

WAKTU
1. Hari/tanggal : Sabtu , 26 Mei & 2 Juni 2012
2. Waktu : 09.00 – 16.00

TEMPAT
STIE TRIGUNA BOGOR , Jl Siliwangi no 97 Sukasari – Bogor (Jalur ke STIE TRIGUNA bisa dilihat dibawah).

BIAYA
1. Untuk mengikuti kursus selama 2 hari sekaligus Rp. 1.000.000 ,-
2. Untuk mengikuti per hari Rp. 600.000 ,-
(Ada diskon 10% untuk anggota IPOMS dengan menunjukan bukti keanggotaan IPOMS).
Biaya kursus bisa ditransfer ke Rekening BCA a.n. Anang Yudi Riswanto, No. Rekening 4060324544 (BCA Cab. Cileungsi Bogor).

FASILITAS
• Makalah (Soft and hard copy)
• Makan siang dan snack
• Sertifikat

INFORMASI
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
1. Anang Y
Email : [ anang_yr@yahoo.com ] HP :0813-10385410
2. Robby Novricanus
Email : robby.novricanus@gmail.com HP: 0816-1695164

REGISTRATION FORM
Please fill this form, send to : anang_yr@yahoo.com; robby.novricanus@gmail.com
Name :
Company/University :
Posisi / Dept. :
Address :
Phone/Mobile :
E-mail Address :
Payment Date :

Kami tunggu partisipasi anda semua.
Terima kasih
Best Regards,
Anang Yudi Riswanto
(Koordinator IPOMS Bogor)

TAMBAHAN:
Rute ke STIE Triguna Bogor:
Untuk menuju ke STIE Triguna kalau dari Jl. Raya Pajajaran menuju Tajur, putar balik di ujung sebelum traffic light (dekat Ekalokasari Plaza), kemudian belok kiri ke arah Asinan Gedong Dalem (atau Martabak Mungil), di ujung jalan tersebut (Jl. Sukasari) harus belok kiri, setelah pom bensin sebelah kiri itulah lokasi gedung STIE Triguna. Harus hati2 sebelum dan sesudah pom bensin banyak angkot dan L300 ngetem (biasanya macet).

Atau,
Dari terminal Baranangsiang ( Bogor ), naik angkot 13 yang ke arah Ramayana, lalu turun di Bogor Plaza . Dari Bogor Plaza naik angkot 02 Sukasari, lalu turun di depan kampus STIE Triguna (dekat pom bensin sukasari). Ini rute macet.

Atau,
Dari terminal Baranangsiang, naik angkot 09 yang ke arah Sukasari, lalu turun setelah angkot putar balik. Jalan sedikit ke arah Roti Unyil atau Martabak Mungil. Kampus STIE Triguna berada di sebelah kanan jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s