Group Study Bogor_12 Mei 2012_PDCA Problem Solving

Posted on Updated on

Bapak dan Ibu Yth,
Indonesian Production and Operation Management Society (IPOMS) – Group Study Bogor (GSB) sebuah organisasi nirlaba yang mencoba untuk ikut mencerdaskan bangsa dan menaikan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia melalui keilmuan di bidang Manajemen Produksi, Operasi dan Inventory kembali hadir untuk menyelenggarakan Study Group dengan judul : PDCA Problem solving.

OVERVIEW
Dalam aktivitas keseharian suatu organisasi tidak luput dari berbagai permasalahan ataupun tuntutan suatu peningkatan kinerja. Dimana semua itu merupakan tuntutan yang berasal dari pelanggan kita yang semakin hari semakin meningkat.

Untuk memenuhi berbagai keinginan pelanggan itu maka dibutuhkan suatu pola penyelesaian masalah ataupun peningkatan kinerja yang terstruktur dan sistematis, tidak lain adalah yang kita kenal dengan konsep ‘PDCA’. Seperti kita ketahui bahwa konsep ini telah dikembangkan oleh ‘Deming’ ketika membantu Jepang setelah perang dunia II untuk membantu membangun dunia industri yang ketika itu hancur dan tertatih-tatih.

Terbukti dengan menggunakan konsep ini Jepang mampu dengan cepat bangkit dan menguasai dunia industri didunia, dengan salah satunya dimotori oleh Perusahaan Toyota. PDCA Problem Solving merupakan salah satu pilar utama dalam konsep 4P yaitu ‘Problem Solving’ dimana setiap karyawan harus memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah dan beberapa perusahaan besar didunia maupun di Indonesia memasukkan ‘Problem Solving’ sebagai kompetensi utama yang harus dimiliki oleh tingkat pelaksana dilapangan sampai dengan manajemen tingkat atas.

Sasaran utama dari konsep ini adalah dimana pada akhirnya setiap anggota organisasi/perusahaan memiliki pola berpikir PDCA dan menjadi nilai budaya yang diterapkan dalam kesehariannya dan disebut dengan karyawan ‘Good Problem Solver’.

LEARNING OBJECTIVE
Dalam kesempatan 1 hari ini pembicara akan berbagi seputar:
•Mengapa masalah selalu terulang kembali
•Masalah tidak kunjung selesai
•Sulit meningkatkan kinerja
•Tip dalam melaksanakan ‘Problem Solving PDCA’
•Problem solving untuk pelaksana/shopfloor (4 kuadran format) sederhana
•Problem solving untuk jajaran manajemen menengah (A3 format)

Metode sharing ini meliputi:
•Presentasi materi
•Sharing dan diskusi group
•Latihan studi kasus
•Presentasi tim

Outline :
•Mengapa perlu PDCA ?
•Apa itu konsep PDCA
•Langkah-langkah PDCA
•Mengapa PDCA gagal ?
•Tip menjalankan PDCA
•PDCA untuk tim member/operator/pelaksanan dilapangan
•PDCA untuk manajemen menengah
•Latihan studi kasus

WHO SHOULD ATTEND
Study group ini sangat tepat untuk diikuti oleh para sales, marketing, demand planner, supply planner, inventory controller,production, warehouse,purchasing dan para manager/supervisor yang terkait dengan kebutuhan forecast.

FASILOTATOR
Kiki Risyandi
Sekilas mengenai beliau:
Salah satu praktisi dalam bidang ‘Manajemen Improvement’ sudah lebih dari 10 tahun menangani bidang ini, pernah menjabat sebagai Lean Manager disalah satu perusahaan dan pernah juga bergabung salah satu konsultan di Jakarta. banyak perusahaan yang sudah dibantu oleh beliau mulai dari industri pharmacy, food and beverages, automotives, mining, home appliance, footwear & garment dll. Dan sekarang menjabat sebagai internal konsultan salah satu perusahaan besar di Indonesia serta aktif menjadi associate consultants dengan membantu training, konsultansi, desain Lean/Kaizen/Continuous Improvement program framework ataupun membantu memfasilitasi dalam membuat roadmap Lean suatu organisasi/perusahaan serta melakukan executive coaching untuk para manajer.

WAKTU
Hari / tanggal :Sabtu , 12 Mei 2012
Waktu : 9.00 -16.00

TEMPAT
STIE TRIGUNA BOGOR , Jl Siliwangi no 97 Sukasari – Bogor (Jalur ke STIE TRIGUNA bisa dilihat dibawah).

BIAYA
Untuk mengikuti per hari Rp. 500.000 ,-
( Ada diskon 10% untuk anggota IPOMS dengan menunjukan bukti keanggotaan IPOMS).
Biaya pelatihan bisa ditransfer ke Rekening BCA a.n. Anang Yudi Riswanto, No. Rekening 4060324544 (BCA Cab. Cileungsi Bogor).

FASILITAS
Makalah (Soft and hard copy)
Makan siang dan snack
Sertifikat

INFORMASI
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Anang Y
Email : [ anang_yr@yahoo.com & yudi.riswanto@id.pvmgrp.com ]
HP :0813-10385410
Robby Novricanus
Email : robby.novricanus@gmail.com
HP: 0816-1695164

REGISTRATION FORM
Please fill this form, send to : anang_yr@yahoo.com; yudi.riswanto@id.pvmgrp.com; robby.novricanus@gmail.com
Name :
Company/University :
Posisi / Dept. :
Address :
Phone/Mobile :
E-mail Address :
Payment Date :

Kami tunggu partisipasi anda semua.
Terima kasih.
Best Regards,

Anang Yudi Riswanto
(Koordinator IPOMS Bogor )

TAMBAHAN:
Rute ke STIE Triguna Bogor:
Untuk menuju ke STIE Triguna kalau dari Jl. Raya Pajajaran menuju Tajur, putar balik di ujung sebelum traffic light (dekat Ekalokasari Plaza), kemudian belok kiri ke arah Asinan Gedong Dalem (atau Martabak Mungil), di ujung jalan tersebut (Jl. Sukasari) harus belok kiri, setelah pom bensin sebelah kiri itulah lokasi gedung STIE Triguna. Harus hati2 sebelum dan sesudah pom bensin banyak angkot dan L300 ngetem (biasanya macet).

Atau,
Dari terminal Baranangsiang ( Bogor ), naik angkot 13 yang ke arah Ramayana, lalu turun di Bogor Plaza. Dari Bogor Plaza naik angkot 02 Sukasari, lalu turun di depan kampus STIE Triguna (dekat pom bensin sukasari). Ini rute macet.

Atau,
Dari terminal Baranangsiang, naik angkot 09 yang ke arah Sukasari, lalu turun setelah angkot putar balik. Jalan sedikit ke arah Roti Unyil atau Martabak Mungil. Kampus STIE Triguna berada di sebelah kanan jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s