Group Study Bogor – 3Nov2012 – Lean Service

Posted on Updated on

Bapak dan Ibu Yth,
Indonesian Production and Operation Management Society (IPOMS) – Group Study Bogor (GSB) sebuah organisasi nirlaba yang mencoba untuk ikut mencerdaskan bangsa dan menaikan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia melalui keilmuan di bidang Manajemen Produksi, Operasi dan Inventory kembali hadir untuk menyelenggarakan Study Group dengan judul : Lean Service

OVERVIEW
Dalam aktivitas keseharian suatu organisasi tidak luput dari berbagai permasalahan ataupun tuntutan suatu peningkatan kinerja. Dimana semua itu merupakan tuntutan yang berasal dari pelanggan kita yang semakin hari semakin meningkat. Tidak ada pilihan lain untuk organisasi anda dalam melakukan berbagai proses diharuskan ‘Lean’.

Dalam hal Lean ini, sudah dilakukan praktek ini oleh Industri Manufaktur, dan terbukti banyak perusahaan sukses dalam memenangi hati Pelanggan, tetapi bagaimana dengan Industri Servis? Jelas tidak ada alasan baik dibidang Industri Jasa Pelayanan seperti Perbankan, Kesehatan atau Rumah sakit, Asuransi, Pariwisata dan Industri Jasa Pelayanan lainnya sangat diwajibkan menerapkan konsep ‘Lean’.

Beberapa contoh aktual terjadi di Jasa Pelayanan :
– Pasien lama menungu proses berobat, tidak dapat ruangan rawat inap, kesalahan administrasi, area rumah sakit tidak nyaman, lambat tanggap merespon pasien dll.
– Nasabah menunggu lama dalam antrian, kesalahan administrasi, masalah teknis di teller, kemampuan staff perbankan yang rendah sehingga nasabah kecewa, area bank tidak membuat nasabah nyaman, proses pengajuan KPR berbelit-belit dan butuh waktu yang lama, lambat merespon keluhan pelanggan dll.
– Pemilik asuransi kecewa karena proses pencairan dana berbelit-belit dan lambat terkadang salah jumlah nominalnya, pelayanan staff yang mengecewakan, kesalahan administrasi dalam menangani data nasabah dll.
– Fungsi support : kesalahan pembayaran, kesalahan administrasi, dokumen hilang, proses dan hasil training kurang efektif, kesalahan data karyawan, lamanya proses perekrutan karyawan, lamanya proses pembelian barang dll.

Untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan hati pelanggan tersebut maka diperlukannya suatu perubahan cara kita mengelola organisasi kearah yang berorientasi ‘Fokus kepada Pelanggan’. Tidak ada pilihan bahwa organisasi anda harus :
– Menarik suatu Nilai yang diinginkan oleh Pelanggan
Memetakan Bisnis Proses dalam melayani suatu Jasa kepada Pelanggan
– Menghilangkan atau mengurangi Pemborosan yang ada dalam proses
Kecepatan Pelayanan
– Pelayanan yang ‘Mantab’ komentar dari Pelanggan
Bisnis Proses yang memiliki Fleksibilitas yang tinggi terhadap berbagai perubahan permintaan Pelanggan

Objective Sharing Session
– Memahami Konsep Dasar dan Filosofi Lean dalam Industri Jasa Pelayanan
– Mampu membedakan antara Nilai tambah vs Tidak Bernilai Tambah dalam Industri Jasa Pelayanan
– Memahami langkah-langkah Penerapan ‘Lean Service’

Sharing Method
– Presentasi materi
– Diskusi kelompok
– Tanya jawab
– Studi kasus Lean

Sharing Outline
– Konsep Dasar & Filosofi Lean
– 5 Prinsip Lean Service
– 8 Waste dalam Industri Jasa Pelayanan
– Pillar Lean Service
– Langkah-langkah Penerapan Lean dalam Industri Jasa Pelayanan
– Studi Kasus Lean Service

Who Should Attend :
– Para praktisi di Indutri Jasa Pelayanan Kesehatan seperti : Rumah Sakit, Pelayanan Medical Check, Apotek.
– Para praktisi Jasa Pelayanan Perbankan
– Para praktisi Jasa Pelayanan Asuransi
– Para praktisi Jaya Pelayanan Pariwisata
– Par praktisi Jasa Pelayanan Perbaikan seperti perbaikan mekanik, software, sistem.
– Tim support non operasional perusahaan seperti bagian HR & GA, Training, Procurement, Laboratorium, Finance & Accounting, Recruitment

Fasilitator
Kiki Risyandi
Sekilas mengenai beliau:
Salah satu praktisi dalam bidang ‘Manajemen Improvement’ sudah lebih dari 10 tahun menangani bidang ini, pernah menjabat sebagai Lean Manager disalah satu perusahaan dan pernah juga bergabung salah satu konsultan di Jakarta. Banyak perusahaan yang sudah dibantu oleh beliau mulai dari industri pharmacy, food and beverages, automotives, mining, home appliance, footwear & garment dll. Dan sekarang menjabat sebagai internal konsultan salah satu perusahaan besar di Indonesia serta aktif menjadi associate consultants dengan membantu training, konsultansi, desain Lean/Kaizen/Continuous Improvement program framework ataupun membantu memfasilitasi dalam membuat roadmap Lean suatu organisasi/perusahaan serta melakukan executive coaching untuk para manajer

WAKTU
Hari / tanggal : Sabtu, 03 November 2012
Waktu : 9.00 -16.00

TEMPAT
STIE TRIGUNA BOGOR , Jl Siliwangi no 97 Sukasari – Bogor (Jalur ke STIE TRIGUNA bisa dilihat dibawah).

BIAYA
Untuk mengikuti per hari Rp. 500.000 ,-
( Ada diskon 10% untuk anggota IPOMS dengan menunjukan bukti keanggotaan IPOMS).
Biaya pelatihan bisa ditransfer ke Rekening BCA a.n. Anang Yudi Riswanto, No. Rekening 4060324544 (BCA Cab. Cileungsi Bogor).

FASILITAS
Makalah (Soft and hard copy)
Makan siang dan snack
Sertifikat

INFORMASI
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Anang YR
Email : [ anang_yr@yahoo.com] & yudi.riswanto@id.pvmgrp.com
HP :0813-10385410

Robby Novricanus
Email : robby.novricanus@gmail.com
HP: 0816-1695164

REGISTRATION FORM
Please fill this form, send to : anang_yr@yahoo.com; yudi.riswanto@id.pvmgrp.com; robby.novricanus@gmail.com
Name :
Company/University :
Posisi / Dept. :
Address :
Phone/Mobile :
E-mail Address :
Payment Date :

Kami tunggu partisipasi anda semua.
Terima kasih.
Best Regards,

Anang Yudi Riswanto
(Koordinator IPOMS Bogor )

TAMBAHAN:
Rute ke STIE Triguna Bogor:
Untuk menuju ke STIE Triguna kalau dari Jl. Raya Pajajaran menuju Tajur, putar balik di ujung sebelum traffic light (dekat Ekalokasari Plaza), kemudian belok kiri ke arah Asinan Gedong Dalem (atau Martabak Mungil), di ujung jalan tersebut (Jl. Sukasari) harus belok kiri, setelah pom bensin sebelah kiri itulah lokasi gedung STIE Triguna. Harus hati2 sebelum dan sesudah pom bensin banyak angkot dan L300 ngetem (biasanya macet).

Atau,
Dari terminal Baranangsiang ( Bogor ), naik angkot 13 yang ke arah Ramayana, lalu turun di Bogor Plaza. Dari Bogor Plaza naik angkot 02 Sukasari, lalu turun di depan kampus STIE Triguna (dekat pom bensin sukasari). Ini rute macet.

Atau,
Dari terminal Baranangsiang, naik angkot 09 yang ke arah Sukasari, lalu turun setelah angkot putar balik. Jalan sedikit ke arah Roti Unyil atau Martabak Mungil. Kampus STIE Triguna berada di sebelah kanan jalan.

3 thoughts on “Group Study Bogor – 3Nov2012 – Lean Service

    mitsubishibintaro said:
    November 24, 2012 at 9:56 pm

    great!!!! indonesia butuh banyak orang seperti Anda, tetap semangat!!

      robbynovricanus responded:
      November 26, 2012 at 9:01 am

      Terima kasih atas kunjungannya mitsubishibintaro (mitsubishibintaro.wordpress.com).
      Semoga kita bisa memajukan Indonesia.

      Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s