Catatan Membayar Pajak Kendaraan & Balik Nama Kendaraan part 1

Posted on Updated on

Januari tiap tahun pasti ada kegaduhan yang harus segera diselesaikan yaitu membayar pajak kendaraan bermotor roda dua, membayar pajak sebenarnya mudah cuman ribetnya adalah antri menunggu.

Awal pertama membayar menggunakan jasa samsat oulet yang berada di mall yang berada di #Bogor, jika melihat jadwal maka samsat outlet buka pada jam 09:00 tetapi ketika sampai sebelum jam 09:00 ternyata antrian sudah mengular dan saya tidak tahu berada di nomor ke berapa. Cuman ketika antrian hingga tiba di loket memakan waktu yang mayan cepat, sampai di loket hanya menyerahkan STNK & KTP yang asli.

Setelah menyerahkan maka proses menunggu dimulai lagi, dari pada menunggu dengan bosan maka diisi waktu dengan membuka laptop dan meng-cek kerjaan dan beberapa ada yang mesti difollow up, beres dengan kerjaan dan nama belum dipanggil juga maka berikutnya belajar mendengarkan percakapan orang sekitar, kadang mendengar percakapan orang sekitar jadi semacam pelajaran dan harusnya didengar pula oleh pemilik jasa samsat outlet tsb, terutama bagaimana melayani customer yang ingin membayar, padahal mereka berniat baik ingin membayar pajak kendaraan mereka, pelayanan yang diharapkan adalah antrian yang tidak terlalu lama (mungkin bisa menggunakan bagaimana antrian di bank yang menggunakan nomor antrian, supaya mereka tahu sudah di nomor keberapa) dan ruangan menunggu pelayanan yang nyaman.

Setelah menunggu cukup lama sekitar 1 jam-an maka nama dipanggil dan sampai diloket untuk membayar dan menerima STNK baru, mungkin berikutnya harus pakai strategi dengan menggunakan samsat keliling (samsat keliling harus cek jadwal kelilingnya).

Kadang pelayanan publik tidak memperhatikan customer mereka dan bagaimana supaya customer merasa nyaman untuk membayar, kadang jika ingin nyaman maka harus mengeluarkan sesuatu yang extra atau menjadi orang penting yang akan langsung diperhatikan.

Selain itu pelayanan publik memang harus sering-sering meng-review bagaimana kondisi pelayanan sekarang dengan mendengar inspirasi pengguna jasa pelayanan tsb, supaya tidak terjatuh kepada puas saat ini padahal customer tidak puas, dan berharap pelayanan publik apa pun akan menjadi lebih baik terus tanpa perlu ada embel-embel extra hehehe🙂 .

Terima kasih.

One thought on “Catatan Membayar Pajak Kendaraan & Balik Nama Kendaraan part 1

    […] Pajak motor pertama sudah dibayarkan , berikutnya adalah membayar bea balik nama untuk motor satu lagi sebelum jatuh tempo, untuk bea balik nama, pembayaran dilakukan di samsat di Cibinong sebagai pusat pemerintahan kabupaten #Bogor. Perjalanan ditempuh cukup jauh juga ditambah macet karena perbaikan ruas jalan baru #Bogor ditambah perjalanan ditemani dengan guyuran hujan. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s