#ngopiyuk – jenis penyajian minuman #kopi

Posted on Updated on

Sejak masuk ke dunia bekerja, maka #ngopi jadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan sendiri, awal-awal tahu #ngopi karena ditawari terus mulai pingin #ngopi karena kondisi yang lelah (ngatuk tepatnya) dan sekarang mulai menyenangi #ngopi (tapi bukan candu ya) dengan segala bentuk variasinya. Sebenarnya sejak dulu sudah tahu tentang #ngopi tapi hanya untuk kondisi dikarenakan ingin begadang nonton bola maka butuh #ngopi atau waktu nongkrong bareng teman.

Sejarah mencatat bawah penemuan #kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu, secara umum terdapat dua jenis biji kopi yaitu arabika dan robusta.

Semakin hari semakin banyak informasi tentang #ngopi maka mulai ada keinginan untuk meng-cicipi ragam variasi #kopi, awalnya #ngopi hanya mencoba #kopi instan terus dikarenakan mulai terasa terlalu manis #kopi nya maka mulai beralih ke #kopi hitam dengan meracik takaran sendiri mulai creamer dan gula, repot sih cuman enak lah karena racikan sendiri.

Oh ya, semakin banyak informasi tentang #kopi jadi semakin banyak teman untuk #ngopi dan ajakan untuk menikmati #kopi di cafe malah kadang sengaja mencari minuman #kopi. Ketakutan terbesar ketika pesan #kopi dengan variasi banyak dan baru di suatu cafe adalah takut salah pilih jenis minuman #kopi hehehe.

Maka dari itu, mencoba share tulisan tentang jenis penyajian minuman #kopi yang biasa disajikan di cafe, dengan harapan supaya tidak ada ‘ketakutan’ untuk salah pilih menu minuman #kopi.

Jenis penyajian minuman #kopi banyak sekali variasi, di sini saya hanya share sedikit saja untuk variasi tsb, seperti :
Espresso
Machiato
Caffe Latte
Cappuccino
Moccacino

* Espresso, biasa di sebut normale di Italia, espresso berarti secangkir kopi yang disajikan secara cepat, Espresso adalah air kopi murni dengan warna hitam dan kental, dan menjadi dasar pembuatan banyak jenis kopi lain

* Machiato, merupakan jenis penyajian kopi hitam yang dicampur dengan susu atau krim, atau busa panas. Disajikan dalam sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kopi jenis ini masih menyisakan rasa kopi yang dominan

* Caffe Latte, dikenal juga dengan kopi susu. Merupakan espresso yang ditambahkan dengan atau tiga kali takaran susu dari teko besar yang biasanya disediakan di bar.

* Cappuccino, Merupakan Espresso yang ditambahkan susu panas yang dibusakan, Minuman classic untuk sarapan orang italia yang dipercaya lebih ‘berat’, komposisi terbaiknya terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiga busa susu yang pekat. Disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari susu cangkir espresso biasa

* Moccacino, merupakan Kopi espresso atau kopi hitam yang ditambah busa susu panas dan taburan remahan cokelat atau bubuk cokelat di atasnya. Disajikan dalam cangkir kecil

Semoga informasi ini bermanfaat untuk dijadikan informasi supaya tidak salah pilih menu #kopi🙂.

#ngopiyuk untuk #semangat dan #kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s